Wednesday, December 29, 2010

15 Solar Boat Bertenaga Surya Yang Futuristik Dan Menakjubkan




Energi matahari merupakan inpirasi yang didapatkan para desainer untuk memaksimalkannya. Sebelumnya mobil dan bus dibuat dengan tenaga surya hingga menghasilkan emisi gas buang yang ramah lingkungan. Selain transportasi darat, transportasi laut juga memiliki kemampuan dari tenaga surya. Berikut adalah daftar 15 perahu yang menghasilkan tenaga penggerak dari panel surya



1. PlanetSolar Catamaran

Dengan panjang 31m, PlanetSolar adalah kapal terbesar di dunia yang bertenaga surya. Panel surya perahu dapat memproduksi hingga 103.4KW daya. Panel surya memungkinkan PlanetSolar untuk mencapai kecepatan tertinggi sekitar 8 knot. 38.000 The perahu sel surya telah disediakan oleh Sunpower, yang diklaim memiliki efisiensi minimal 22 persen.








2. ARKKI Solar Boat

Dirancang oleh Janne Leppänen, konsep ARKKI memiliki ruang terbuka besar ditutupi dengan permukaan seperti di sebuah lapangan basket outdoor. Seluruh permukaan perahu ditutupi dengan sel fotovoltaik multilayer yang dapat menghasilkan energi yang dibutuhkan dari matahari untuk kekuatan perahu





3. Solar Powered Personal Boat

Seharga $ 10.500, Solar Powered Personal Boat bisa mengankut hingga empat orang dewasa. perahu yang didukung oleh motor listrik 700W yang memungkinkan perahu untuk bergerak hingga di 5mph. motor ini didukung oleh empat baterai yang terus-menerus diisi ulang oleh sinar matahari selama siang hari. Baterai dapat tahan selama 6 jam saat tidak dapat pasokan tenaga surya.




4. Buffalo’s Solar-Powered Boat 

Perahu ini mampu mengelilingi lintas air dan danau dengan memanfaatkan tenaga surya dari atap dengan modul fotovoltaik. Modul-modul PV dapat menghasilkan sampai 1kW, yang dapat disimpan dalam baterai onboard besar untuk digunakan selama hari mendung.





5. Solar Proa Catamaran

Solar Proa adalah sebuah perahu mandiri dirancang oleh Carolin Dissmann, Tibor Bartholomä, Daniel Boos dan Andreas Schwab yang memanfaatkan energi surya untuk listrik. Perahu ini adalah catamaran asimetris yang menyediakan ruang bagi enam orang. Kapal bertenaga surya memiliki dua panel surya di atas yang dapat dilipat. Ketika merapat, penutup tertutup dan perahu seluruh fitur hanya satu permukaan yang bersih dan rata memungkinkan panel solar untuk menghasilkan listrik.
 

 





6. Onda Velocita Powerboat 
 
Onda Velocita adalah sebuah perahu mewah yang memiliki fitur terbaru dalam teknologi dengan unsur-unsur desain tradisional untuk membuat perjalanan Anda nyaman. Perahu hibrida menggunakan sepasang unit penggerak air jet, yang dapat dimatikan pada hari cerah, seperti perahu yang menggunakan sistem photovoltaic di atapnya, yang menghasilkan listrik cukup untuk menyalakan mesin dan sistem lain yang dipasang di dalamnya. 

 




7. Sea Raider
 
Dirancang oleh Muhammad Imran, yang Raider Laut dilengkapi dengan modul fotovoltaik untuk mengumpulkan energi matahari pada siang hari daya perahu dan mengisi ulang baterai onboard. Pada siang hari perahu bisa kekuasaan itu sendiri dengan menggunakan energi matahari dimanfaatkan dan pada malam hari baterai perahu mengambil alih sistem, memastikan pesiar nol-emisi terlepas dari waktu sehari. 

 

 




8. SunCat23 Catamaran 
 
Dikembangkan oleh Horizon Yacht, SunCat23 Catamaran menggunakan empat panel surya mampu menghasilkan 760W untuk bahan bakar motor outdoor dengan 2.8KW listrik. Motor listrik mendorong Catamaran ke kecepatan tertinggi 6 knot sambil membawa 12 penumpang. Baterai yang terisi penuh akan dapat menjankan perahu selama sehari, bahkan pada hari berawan.




9. Iron 23 Motorboat  
 
Iron 23 dirancang oleh desainer industri Carl Hagerling yang memiliki fitur ruang untuk tiga penumpang, berjalan pada mesin listrik tenaga surya dan juga termasuk dapur dan toilet. Kapal ramah lingkungan dengan fitur array surya bahwa menurut desainer menghasilkan energi yang cukup untuk kekuatan perahu. Kapal ini juga dilengkapi dengan mesin konvensional yang dapat digunakan jika matahari tidak bersinar dan saat kekutan baterai habis.

  

 




10. N-DOUR Hybrid 
 
 N-masam idrancang oleh perancang Riccardo Pilurzu adalah sebuah kapal pesiar dengan tujuan ganda. Desain ini dibuat dengan ide mengembangkan kapal pesiar mewah yang akan membawa dirinya sendiri untuk jangka waktu yang lebih lama saat di laut. Idenya adalah untuk memanfaatkan angin dan energi matahari untuk membuat hidrogen yang nantinya akan menggerakkan kapal pesiar dengan pembangkit listrik hidrogen. N-masam memiliki trik lain pada bagian lengan, ketika kapal yang berlabuh di pelabuhan dan tidak ada listrik yang telah dikonsumsi oleh kapal, kapal pesiar akan mulai memproduksi energi untuk pelabuhan, sehingga menyediakan energi bersih untuk grid. 

 

 




11. SolarLab Research’s Solar Shuttle 
 

Shuttle Solar oleh Penelitian SolarLab adalah sebuah perahu bertenaga surya yang telah dirancang untuk Olimpiade 2012. Kapal penumpang dengan 255-fitur array atap panel surya yang menghasilkan listrik dibutuhkan untuk propulsi.




12. Leviathan
 
Konsep yacht Leviathan adalah karya desainer industri Adam Valmassoi, yang dipercaya bahwa matahari dan angin memiliki potensi untuk pelayaran hijau. Kapal pesiar mandiri ramah lingkungan berjalan pada dua mesin pompa jet listrik, yang didukung oleh turbin angin dan panel surya di papan kapal pesiar.

   

 




13. The Float 
 
The Float adalah perahu motor bertenaga surya dengan konsep ganda yang menggunakan energi surya terbarukan menggunakan sebuah array dari panel surya diletakkan rapi di atas atap. Tenaga surya dan mesin listrik tidak membuat perahu tercepat yang pernah digunakan, tetapi memberikan kecepatan jelajah yang layak hingga 10kph. Dimaksudkan untuk piknik laut, perahu ini dilengkapi dengan meja, pemanggang dan kulkas kecil.

  

 




14. IKKAR 
 
The IKKAR oleh desainer Julien Anglade merupakan konsep yacht rendah emisi dan futuristik yang telah dirancang untuk menjembatani kesenjangan antara manusia dan laut. Kapal pesiar konsep inovatif memiliki desain sederhana namun elegan yang dapat mengubah bentuk sesuai dengan lokasi untuk kenyamanan penumpang. IKKAR dengan panjang 150m termasuk lambung efisien untuk efisiensi bahan bakar yang lebih baik, dan berlayar utama dilengkapi dengan panel fotovoltaik yang membantu menghasilkan energi untuk perahu.

  

 




15. Code X Yacht 
 
7 47 '"Code X yacht dilengkapi dengan mesin hibrida yang dapat memberikan 710hp seperti mesin Formula 1 untuk membuat kapal pada kecepatan lebih dari 80 knot atau 9 knot lebih santai menggunakan motor listrik kembarannya . Baterai memiliki kemampuan untuk menjalankan terus-menerus selama dua jam dan dapat diisi ulang dengan menggunakan on-board panel surya untuk tambahan.

  

 




sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6453944 

No comments:

Post a Comment